Mantap

Waspada Letusan Sekunder Gunung Kelud

Erupsi Gunung Kelud 13 Februari lalu masih banyak menyisakan trauma yang mendalam khususnya warga pemukiman di Lereng Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur. Meski Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah menurunkan status gunung kelud dan metetapkan status menjadi waspada dengan radius 3 kilometer dari kawah dari ancaman letusan gunung kelud skunder, yang bisa terjadi setiap saat. Khususnya, ketika turun hujan lebat di puncak gunung kelud.

Dampak Erupsi Sekunder Gunung Kelud 

Foto Gunung Kelud Dari Pandansari Ngantang
Lahar Dingin Ngantang

 

"Erupsi skunder" adalah sebuah erupsi yang timbul apabila hujan dengan intensitas tinggi mengguyur puncak Gunung Kelud. Semburan pasir dari letusan skunder berbahaya untuk didekati. Selain itu, endapan material vulkanis di lereng dan sepanjang aliran lahar apabila terdorong air, juga dapat menimbulkan banjir lahar dingin," ujar Budi Priyanto, Sabtu (03/5/2014).

Petugas Pos Pantau Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Jawa Timur Budi Priyanto mengatakan, kewaspadaan terhadap letusan skunder yang dimaksud, adanya material panas pada radius terlarang, yang setiap saat dapat menimbulkan erupsi kecil.

Peningkatan aktivitas gunung api akhir-akhir ini seperti, Gunung Slamet dan Gunung Merapi di Jawa Tengah tidak berpengaruh terhadap gunung api lainnya. Sebab, setiap gunung berapi memiliki dapur magma tersendiri.Demikian dengan Gunung Kelud, yang kini justru menunjukkan penurunan aktivitasnya

Berdasarkan data seismik di pos pantau, pada Kamis 2 Mei 2014, hanya terjadi satu kali gempa vulkanik dalam dan 11 kali tektonik jauh. Kondisi visual gunung kelud terlihat cerah terang, suhu udara 20-27 derajat, dengan kelembapan 73-79 persen. Gunung terlihat jelas, sedangkan asap tidak ada.

Waspada Letusan Sekunder Gunung Kelud

Letusan Sekunder Dari Gunung Kelud,Hujan Abu dan Bau Belerang, serta lahar dingin karena diatas sedang hujan deras. Tidak Berdampak, masyarakat tidak perlu mengungsi dan tidak perlu terlalu panik. Cukup memakai Masker dan keadaan masih aman.Gunung Kelud terkini Ibarat minyak panas terkena air, dan itulah letusan sekunder.
Posting Komentar
Berita Terkini dan Terupdate,Olahraga,Teknologi,dan Info Wisata Indonesia