Potensi Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur

Potensi Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur. gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur yaitu gunung bromo yang merupakan salah satu gunung yang menjadi sebuah obyek wisata alam favorit.
 
Potensi Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur

Pesona Gunung Bromo Jawa Timur

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 mdpl yang termasuk dalam taman nasional bromo tengger semeru yang menjadi perbatasan dari empat wilayah Kabupaten yakni : Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Lumajang, dan Kota Malang. Wisata Gunung Bromo sendiri bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi dengan sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Jalur dan Rute Menuju Gunung Bromo
1. Dari Surabaya melalui Probolinggo - Cemoro Lawang
Dari Surabaya langsung menuju kota probolinggo dan dilanjutkan ke desa sukapura/cemara lawang.Durasi perjalanan berkendara selama 3-4 jam jika jalan tidak dalam keadaan macet.

2. Dari Surabaya atau Malang via Nongkojajar
Dari Surabaya/Malang kemudian menuju Nongko jajar,namun jika melalui rute ini harus memakai kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada angkutan umum

3. Dari Malang Via Tumpang Ngadas
Dari kota Malang kemudian langsung dilanjutkan menuju desa tumpang dan melalui jalur ini banyak air terjun yang bisa anda singgahi.

Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo
harga tiket masuk wisata bromo selalu berubah.Untuk harga tiket masuk tahun 2013 ada kenaikan menjadi Rp 25.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp 75.000/orang untuk wisatawan manca negara.

Hotel Di Kawasan Gunung Bromo
Di kawasan bromo tidak banyak hotel tersedia.Hotel yang berdiri dibromo seperti Cemara Indah Hotel,Lava view Lodge,Cafe Lava Hostel,Sion view,Yoschi Hotel,Java Banana Hotel,Nadia Hotel dan Hotel Sukapura.Namun jangan khawatir tidak kebagian penginapan meskipun tiap hotel hanya sedikit memiliki bangunan.Alternatif lain saat berada di bromo yaitu dengan menginap di penginapan/homestay penduduk setempat dan banyak tersedia.

Potensi Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur

Postingan populer dari blog ini

Lokasi dan Tempat Objek Wisata Di Bali Terpopuler Untuk Tour

Gunung Merapi Sleman Yogyakarta Jawa Tengah

Tempat Wisata Malang Batu Paling Diminati