Mantap

Status Aktifitas Gunung Kelud Terbaru

Gunung Kelud adalah sebuah gunung berapi di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang masih aktif. Gunung ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri yang menjadi salah satu tujuan wisata jawa timur.

Status Aktifitas Gunung Kelud Terbaru

Status Aktifitas Gunung Kelud Kediri Jawa Timur Terbaru

 

Aktivitas vulkanologis Gunung Kelud pascanaiknya status menjadi Siaga Level III sejak dua hari lalu menunjukkan grafis kenaikan signifikan. Bahkan, kini pergerakan magma terus mendesak naik dari perut bumi ke kisaran 700 - 1.000 meter menuju puncak. Ini berarti potensi terjadinya letusan gunung itu semakin besar.

Kepala Pos Pantau Gunung Kelud Khairul Huda menjelaskan parameter pergerakan magma signifikan terendus dari data siesmik yakni semakin besarnya gempa vulkanik dangkal dan vulkanik dalam.  Data terakhir pada Rabu (12/2) mulai pukul 00.00 - 06.00 WIB terjadi kenaikan interval gempa dalam (va) yakni 43 gempa dalam dan vulkanik dangkal (vb) 149 kali. Ini bergerak jauh dari data 12 jam sebelumnya masing-masing 101 gempa vulkanik dangkal dan 18 kali gempa vulkanik dalam.

"Jumlah gempa dalam dan dangkal semakin besar. Ini berarti ada suplai signifikan energi dari dalam perut bumi ke arah puncak Kelud," urai Khairul Huda yang ditemui wartawan di Pos Pantau Gunung Kelud, Desa Suguhwaras, Kecamatan Ngancar, Kediri,  Rabu (12/2).  Karenanya, dia berkesimpulan kemungkinan terjadinya erupsi Gunung Kelud setinggi 1.730
mdpl itu makin besar.

Lalu bisakah diprediksi kapan erupsi itu terjadi? "Kami hanya bisa mencatat sesuai dengan gejala dan  meletus atau tidak itu murni hak Allah SWT," ujar pria yang sudah belasan tahun bertugas di Pos Pantau Gunung Kelud ini. (Edy Saputra).


Selain itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim memperoleh informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Yakni, ada lima gunung api di Jatim berstatus waspada,  Gunung Kelud, Gunung Semeru, Gunung Ijen, Gunung Bromo dan Gunung Raung. (Sumber www.metrotvnews.com/)
Menyusul peningkatan status atas aktivitas kegunungapian Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur, masyarakat diminta mematuhi rekomendasi dari otoritas berwenang dan mengabaikan informasi yang tak jelas.Peningkatan status ditetapkan seiring bertambahnya aktivitas kegempaan baik vulkanik dangkal, gempa vulkanik dalam, maupun suhu air di kawah gunung kelud.

Posting Komentar
Berita Terkini dan Terupdate,Olahraga,Teknologi,dan Info Wisata Indonesia