Mantap

Detik Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines dalam Penerbangan ke Beijing

Pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang dalam rute penerbangan Kuala Lumpur menuju Beijing hingga kini belum ditemukan. Sebanyak 239 penumpang berada di pesawat berjenis Boeing 777-200 tersebut.Berdasarkan hasil pencarian, sejauh ini ditemukannya dua spot minyak di perairan Vietnam masih menjadi petunjuk satu-satunya ihwal lokasi dimana hilangnya pesawat tersebut.Berikut Detik Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines dalam Penerbangan ke Beijing seperti dilansir The Star, Minggu (9/3/2014).

Detik Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH 370

Detik Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines dalam Penerbangan ke Beijing
Sabtu, 8 Maret
Pukul 00:41 waktu setempat
Pesawat lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur. Pesawat tersebut terdiri dari 239 penumpang dengan dua di antaranya masih bayi.

Pukul 01.30 waktu setempat
Sinyal pesawat tiba-tiba menghilang dari radar Departemen Penerbangan. Saat itu pesawat tidak terlacak oleh wilayah udara China dan juga tidak dapat dihubungi oleh pengawas udara China.

Pukul 06:40 waktu setempat
Pesawat dijadwalkan tiba di Beijing, China.

Pukul 10:15 waktu setempat
Terdapat laporan palsu yang menyebutkan pesawat MH370 telah mendarat darurat di Nanning , China diterbitkan. Tak lama kemudian, berita tersebut dinyatakan tidak benar oleh pihak berwenang.

Pukul 11:55 waktu setempat
Kembali didapat laporan palsu, kali ini dari otoritas penerbangan Vietnam yang menyebutkan bahwa sinyal MH370 ditemukan. Tak lama kemudian, berita tersebut juga dinyatakan tidak benar oleh pihak berwenang.

Pukul 12:00 waktu setempat
CEO Malaysia Airlines Ahmad Jauhari Yahya dalam konferensi pers mengatakan, penumpang yang berada di pesawat terdiri dari 14 negara berbeda. Terbanyak berasal dari China yaitu 153 orang

Pukul 12:30 waktu setempat
Maskapai Malaysia Airlines mengatakan titik akhir pesawat masih bisa dihubungi adalah pada 120 mil timur laut dari Kota Baru di lau China Selatan.

Pukul 12:50 waktu setempat
Tim penyelamat dari Vietnam menyangkal jika sinyal pesawat MH370 telah terdeteksi.

Pukul 13.00 waktu setempat
China mengirimkan dua kapal penyelamatan ke Laut China Selatan untuk membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan penumpang MH370 yang diduga hilang.

Pukul 13:10 waktu setempat
Kedutaan Besar Malaysia di Beijing menyampaikan kepada publik kontak yang bisa dihubungi terkait peristiwa ini. Semua informasi yang berkaitan dengan insiden ini dapat menghubungi +86 10 6532 2531/2/3.

Pukul 13:30 waktu setempat
Pernyataan yang dimuat di situs resmi pemerintah Vietnam menyatakan bahwa tidak pernah terjadi perpindahan kontrol saat pesawat hilang kontak di dekat Provinsi Ca Mau dan beralih ke kota Ho Chi Minh.

Pukul 14.00 waktu setempat
Maskapai mengumunkan nama-nama resmi penumpang yang berada di dalam pesawat.

Pukul 14.20 waktu setempat
Laporan tidak resmi dari media di Vietnam dan China tentang pernyataan dari Angakatan Laut Vietnam bahwa pesawat jatuh di Laut China Selatan dan kapal penyelamat telah mengarah ke sana

Pukul 15:00 waktu setempat
Dilakukan verifikasi terkait adanya laporan penampakan puing-puing pesawat MH370 di dekat sebuah pulau di sisi selatan.

Pukul 16.20 waktu setempat
Pemerintah Vietnam menegaskan bahwa pesawat MH370 menghilang saat berada di wilayah udara Vietnam.

Pukul 18:00 waktu setempat
Vietnam, Singapura, Filipina dan Amerika Serikat telah bergabung untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Pukul 19.00 waktu setempat
Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan area pencarian diperluas.

Pukul 21:00 waktu setempat
Ada laporan dari Departemen Penerbangan Sipil Vietnam bahwa terdapat dua spot minyak raksasa di lepas pantai selatan. Diduga berasal dari bahan bakar yang pesawat Boeing 777-200 yang diduga hilang.

Lebih dari 24 jam berlalu, proses pencarian pesawat yang diduga hilang belum membuahkan hasil. Keluarga penumpang diminta menunggu di Bandara Internasional Kuala Lumpur. (Sumber : DetikNews)
Proses pencarian hingga saat ini masih belum ada perkembangan apa apa,tidak ada bukti baru yang bisa menjadi petunjuk dari laporan pencarian," kata pejabat otoritas penerbangan Malaysia, seperti dilansir CNN, Minggu (9/3/2014).

Kabar terbaru hilangnya pesawat malaysia airlines dikantor berita resmi pemerintah Vietnam melaporkan, spot minyak tersebut terletak di teluk Thailand, sekitar 90 km selatan kota Tho Chu Island. Daerah ini sama dengan daerah dimana pesawat pertama kali kehilangan radar pada Sabtu (8/3/2014) dini hari.

Pencarian di wilayah Laut China Selatan juga terus diperluas.Vietnam telah mengerahkan banyak pesawat untuk melakukan pencarian besar-besaran. Spot minyak diketahui membentang sepanjang 6-9 mil.

Detik Kronologi Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines dalam Penerbangan ke Beijing 


Posting Komentar
Berita Terkini dan Terupdate,Olahraga,Teknologi,dan Info Wisata Indonesia