Pantai Papuma - Wisata Pantai Jember Jawa Timur

Pantai Papuma Jember Jawa Timur merupakan salah satu tempat Wisata di Jawa Timur dengan lokasi di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember 45 km dari arah Kota Jember. Sebuah obyek wisata pantai jember yang sangat excotis dan penuh dengan daya tarik.

Pantai Papuma - menyajikan berbagai panorama menenangkan, suatu pulau kecil yang menjorok ke laut di pantai selatan Jawa Timur juga menyimpan berbagai flora dan fauna tropis khas. Siapapun yang berkunjung ke pantai papuma inidengan berpasir putih tidak akan pernah bosan untuk menikmatinya. kondisi geografis yang stabil, bahkan membuat daerah wisata ini bisa dinikmati dalam cuaca apapun, baik di musim kemarau dan selama musim penghujan tiba.

Hutan dan kawasan wisata pantai yang memiliki luas wilayah 50 hektar terletak di Kecamatan Ambulu dan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai Papuma sendiri merupakan singkatan nama sebagai terbentuk dari Pasir Putih Malikan. Kata “tanjung” ditambahkan di depannya, untuk menggambarkan posisi pantai yang menjorok ke daerah laut barat daya. Selain pantai, hutan terletak di pulau ini merupakan daya tarik obyek wisata papuma.

Pantai Papuma Jember

Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Pantai Papuma Jember merupakan salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang baru-baru ini muncul sebagai tujuan wisata dan kedepannya akan menjadi objek dan tempat wisata Indonesia yang patut diperhitungkan. Mengapa?
Jika diperhatikan dengan seksama pantai Papuma Jember hampir menyerupai pantai di Hawaii. Jika tidak percaya bisa anda buktikan sendiri ^_^ . Jadi jika anda ingin “mejeng” atau pamer ke teman-teman anda bahwa anda bertamasya ke Hawaii tidak perlu jauh-jauh pergi ke Hawaii cukup dengan mengunjungi pantai Papuma Jember :D

Jalur Menuju Pantai Papuma 

Perlu anda ketahui bahwa medan yang ditempuh ketika anda pergi ke pantai Papuma Jember agak curam, jadi yang perlu anda persiapkan adalah mobil / jeep yang sehat, sehat disini dalam artian bahwa mobil anda tidak bermasalah ketika dipakai untuk tanjakan. Namun jangan khawatir itupun hanya berjarak 300 meter saja tidak lebih. Selanjutnya kerja keras dan ketegangan anda di perjalanan akan terbayarkan saat sampai ditempat tujuan.

Dan informasi penting juga bahwa untuk berkunjung ke pantai Papuma Jember anda tidak bisa menggunakan bis besar karena jalan yang berkelok-kelok dan juga curam dengan tingkat kecuraman berkisar antara 45′-50′. Namun bagi anda yang sudah terlanjur panitia dan pengelola sudah menyiapkan kendaraan untuk mengantar anda ke pantai Papuma Jember yaitu ojek dengan harga berkisar Rp12.500 per kepala (tidak termasuk harga karcis masuk)

Fasilitas Pantai Papuma Jember

Adapun fasilitas-fasilitas yang ada di pantai Papuma Jember adalah sebagai berikut.

1. Penginapan ( Pondok / Cottages )

Di pantai Papuma Jember menyediakan lebih dari 25 pondok dan cottages yang dirancang untuk menyatu dengan alam. Ada juga 7 pondok / cottages yang lokasinya terpisah dikhususkan bagi anda yang menginginkan suasana private.

2. Lobby Room

  • Fasilitas lobby room papuma, dapat digunakan untuk :
  • Bisnis / family gathering.
  • Formal and informal Bisnis meeting
  • Training and course event
  • Live music event
  • dll
Fasilitas Lobby Room Papuma :

  • Ruang semi terbuka berkapasitas lebih dari 50 orang / kursi tempat duduk.
  • Meja bundar dan meja pertemuan lengkap dengan kursi.
  • LCD Projector dan screen
  • Sound system
  • Papan tulis whiteboard.
  • Karpet alas duduk lesehan.
  • Paket layanan Catering dan dekorasi (back drop spanduk).

3. Cafe Tanjung Papuma

Selain kita dapat berbelanja di sekitar pantai Papuma Jember kita juga dapat merasakan makanan khas daerah di Café Tanjung Papuma.
Adapun menu yang tersedia antara lain :

  • Berbagai masakan ikan segar bakar khas papuma
  • Gurita bakar asam manis
  • Udang bakar dan goring
  • Cumi-cumi asam manis
  • Lobster bakar / goring
  • Es kelapa muda dan lain-lain.

Café disini buka 24 Jam dan juga melayani pelayanan penginapan, jadi kita tinggal pesan dan tunggu di penginapan.

4. Pre-Wedding Photo Session

5. Outdoor Papuma Learning Centre (PLC).

6. Tenda dan Camping Ground

Di pantai Papuma Jember menyediakan Camping Ground yang terdiri dari 3 lokasi antara lain : gebang camping ground, keben camping ground dan serut camping ground. Wisatawan belum diperbolehkan camping disembarang tempat dikarenakan keterbatasan pengawasan pihak pengelola dari gangguan satwa yang ada disekitar pantai Papuma Jember.

7. Guide dan Penterjemah

8. Paket Meeting

9. Hiburan Elektone dan Penyanyi.

Pantai Papuma - Wisata Pantai Jember Jawa Timur


Harga Tiket Masuk & Parkir Di Pantai Papuma

Hari Biasa              : IDR50.000 /orang
Liburan                  : IDR70.000 /orang
Kendaraan Roda 2 : IDR1.000
Roda 4                   : IDR2.000
Roda 6                   : IDR6.000
Asuransi                : IDR100 /orang

Pantai Papuma hanya dirambah oleh Perhutani disebut dengan nama Malikan. Wajah Malikan bukanlah pasir hitam atau putih, tetapi lebih dari sebuah batu datar yang mirip kerang raksasa berjajar di sepanjang bentangan pantai yang menghadap ke barat.

Karang kecil, berwarna-warni mudah ditemukan di sini. Ini adalah fragmen gelombang terumbu-ditanggung. Jika beruntung, kita juga bisa menemukan lobster di sela-sela batu datar di Pantai Malikan. Selain itu, ketika air laut surut. Udang-udang oleh nelayan lokal disebut urang barong selalu terdampar saat ombak surut.

Penuh pesona daya tarik wisata pantai jember ini.Sehingga tak bisa dipungkiri jika pantai pantai di jawa timur menjadi pusat perhatian para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.Selain Wisata Pantai Malang,Pulau Sempu ,Pantai Tanjung Papuma juga menjadi tujuan utama wisata pantai Jawa Timur.

Postingan populer dari blog ini

Lokasi dan Tempat Objek Wisata Di Bali Terpopuler Untuk Tour

Gunung Merapi Sleman Yogyakarta Jawa Tengah

Tempat Wisata Malang Batu Paling Diminati